Sabtu, 09 Oktober 2010

7 Tips Jitu Mengatasi Stress

amanya bukan manusia kalo belum mengalami masalah, masalah kadang berakibat fatal karena terlalu berat, dan kurangnya iman pada Allah SWT dari kita sendiri, hal ini sering memicustress.. Seringkali kita merasa pekerjaan yang kita kerjakan tidak ada habis-habisnya. Belum selesai pekerjaan yang satu sudah ada pekerjaan lain yang menanti.

http://bordduciel.files.wordpress.com/2009/12/stress.jpg

Jika itu terjadi, rasanya tidak ada waktu untuk beristirahat, kepala pun terasa penuh dan menjadi stres.

Pekerjaan memang tidak bisa dihindari, namun ingatlah kesehatan tubuh adalah hal yang terpenting karena pikiran yang tegang akan merusak kesehatan anda. Oleh karena itu anda perlu mengatasinya, ini beberapa tipsnya:

1. Berhentilah Mengeluh
Jika memang pekerjaan kita menumpuk, jangan lah mengeluhkan pekerjaan kita, karena memang itu kewajiban kita. Selain itu pikiran akan semakin tertekan jika anda mengeluhkannya dan akhirnya pekerjaan tidak akan selesai. Cobalah berfikir positif atau pikirkanlah hal yang menarik agar anda menjadi semangat bekerja lagi.

2. Tentukanlah Perioritas
Tentukanlah mana dahulu yang lebih penting dan harus diselesaikan. Jangan memikirkan kerjaan yang lain karena akan membuat kosentrasi anda terganggu dan akan menghambat pekerjaan anda.

3. Rileks dan Istirahat
Sesibuk apapun pekerjaan kita, sempatkan lah beristirahat dan gunakan waktu istirahat dengan sebaik-baiknya. Jika memungkinkan gunakan waktu istirahat anda untuk tidur minimal 15 menit.

4. Makan Makanan Yang Bergizi
Jangan lupa tetap memperhatikan makanan yang bergizi. Gizi yang cukup dapat membuat tubuh lebih sehat dan bersemangat. Usahakan mengkonsumsi buah yang cukup.

5. Pulang Tepat Waktu
Bila pekerjaan bisa dikerjakan esok hari dan anda tidak diminta untuk lembur, maka pulanglah pada waktunya. Karena ini akan membantu memperoleh lebih banyak waktu untuk beristirahat dan bersantai bersama keluarga.

6. Meminta cuti
Bila anda sudah merasa jenuh dan penat, cobalah meminta cuti. Jika di izinkan untuk cuti gunakanlah waktu cuti anda dengan sebaik-baiknya. Kunjungilah tempat-tempat yang anda sukai agar lebih fresh. Jangan lupa ajaklah keluarga anda, karena akan membuat anda lebih senang.

7. Cari Pekerjaan Baru
Jika memang anda sudah merasa tidak sanggup lagi mengerjakan pekerjaan anda, cobalah cari pekerjaan lain yang tentunya anda sukai. Namun sebelum mengambil keputusan ini pikirkanlah dahulu dengan matang. (blogneforfree) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar